Mewabahnya virus Covid-19 mengharuskan segala kegiatan dilakukan dari rumah. Mulai dari kegiatan belajar mengajar, rapat rutin sampai dengan workshop. Semuanya dilakukan melalui daring/online. Bekerja dari rumah tidak membatasi Pimpinan Prodi, para Staf dan Dosen Prodi Teknologi Pendidikan untuk melakukan program kerja yang berorientasi dalam bidang akademik bagian kurikulum dan pembelajaran.
Dalam dua hari berturut-turut yaitu Rabu dan Kamis (13-14 Mei 2020), Prodi Teknologi Pendidikan melakukan Workshop Penguatan Penulisan Skripsi Mahasiswa dan Workshop Review dan Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FKIP dan turut hadir para Wakil Dekan dalam Lingkup FKIP serta peserta workshop dari para Dosen se- Prodi Teknologi Pendidikan. Workshop dilakukan menggunakan platform google meet dan narasumber oleh Dr. Baharullah sekaligus Wakil Dekan I (bidang akademik) FKIP dan Dr. Khaeruddin, M. Pd sekaligus ketua LP2AI Unismuh Makassar. Kamis (14/5/2020)
Erwin Akib, M. Pd., Ph. D selaku Dekan FKIP dalam sambutannya untuk menekankan hasil dari skripsi mahasiswa dapat dijurnalkan sebagai karya bersama antara pembimbing dan mahasiswa.
"Perlu digaris bawahi untuk melakukan peningkatan khususnya pada publikasi" ungkapnya
Erwin Akib, M. Pd., Ph. D selaku Dekan FKIP dalam sambutannya untuk menekankan hasil dari skripsi mahasiswa dapat dijurnalkan sebagai karya bersama antara pembimbing dan mahasiswa.
"Perlu digaris bawahi untuk melakukan peningkatan khususnya pada publikasi" ungkapnya
Pada Workshop Penguatan Penulisan Skripsi Mahasiswa, para dosen dibekali penguatan terkait hal-hal yang perlu dilakukan dalam membimbing mahasiswa menulis skripsi. Ini berkaitan dengan hak dan kewajiban sebagai pembimbing dalam melaksanakan tugas dan amanah. Selain itu, pentingnya untuk melakukan publikasi jurnal sebagai output dari penulisan mahasiswa dan perhatian lebih pada keorisilan karya tulis dari mahasiswa tersebut. Pada masa sekarang, para dosen diminta melakukan kebijakan atau mengambil tindakan untuk memberikan solusi kepada mahasiswanya berdasarkan situasi yang terjadi dilapangan.
“Mungkin saat ini ada beberapa kendala yang terjadi namun proses pembimbingan skripsi mahasiswa tetap harus dijalankan dengan memperhatikan etika-etika akademik” tutur Baharullah selaku narasumber
Sementara pada Workshop Review dan Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), dosen Teknologi Pendidikan diharapkan mampu menghasilkan perangkat pembelajaran sesuai dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Teknologi Pendidikan yang berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Capaian proses pembelajaran adalah untuk memberikan edukasi yang sesuai dengan perkembangan teknologi dalam era digital seperti sekarang. Dalam hal ini mampu mengkombinasikan metode dan model pembelajaran yang inovatif untuk menyalurkan materi yang semestinya. Disamping itu, proses yang dijalankan sangan relevan dengan keadaan sekarang yang mengharuskan untuk melakukan transfer ilmu melalui e-learning atau pembelajaran daring.
Dr. Muhammad Nawir, M. Pd., selaku ketua Prodi Teknologi Pendidikan menyampiakan bahwa acuan pembelajaran sekarang ini bertumpu pada rangkaian era digital dan harapan besar adalah proses belajar mengajar dapat dilakukan seefektif mungkin. Bekerja, belajar dan beribadah dari rumah adalah bagian dari tanggung jawab yang harus tuntas. *SA